KISI-KISI UN BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
1. Membaca
Kompetensi:
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis/teks nonsastra dan nonteks (berbentuk grafik/tabel) artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks esai, biografi, pidato, dan berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif, eksposisi, dan persuasif).
Indikator
1. Menentukan isi, fakta, opini, dan arti kata dalam paragraf, rangkuman isi teks.
2. Menentukan kalimat utama/ide pokok/ kalimat penjelas.
3. Menentukan isi dan simpulan grafik/tabel.
4. Menentukan persamaan topik/perbedaan aspek pembahasan dari dua artikel.
5. Menentukan isi dan hal yang dapat diteladani dalam teks biografi tokoh.
6. Menentukan masalah dalam tajuk rencana/opini penulisnya.
7. Menentukan kalimat simpulan paragraf deduktif/induktif.
2. Menulis
Kompetensi:
Mengungkapkan gagasan, pendapat, perasaan, informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, persuasif, teks pidato, artikel, proposal, surat dinas, surat dagang, surat lamaran pekerjaan, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepaduan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan menyunting berbagai jenis wacana tulis.
Indikator:
1. Melengkapi berbagai jenis paragraf (deskripsi/eksposisi/argumentasi/ persuasi) dengan kalimat yang tepat.
2. Melengkapi teks dialog.
3. Memperbaiki kalimat dalam surat lamaran pekerjaan.
4. Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif.
5. Menulis karya ilmiah (latar belakang/rumusan tujuan penulis/rumusan masalah)
3. Kebahasaan
Kompetensi:
Menerapkan berbagai komponen kebahasaan dalam berbagai bentuk tulisan.
Indikator:
1. Mengidentifikasi jenis-jenis frasa.
2. Mengidentifikasi jenis-jenis klausa.
3. Mengidentifikasi jenis-jenis kalimat.
4. Menentukan pola kalimat.
5. Menggunakan kata berimbuhan.
6. Mengidentifikasi berbagai jenis makna kata (konotasi, luas, umum, khusus, gramatikal).
7. Menggunakan kata baku.
8. Menggunakan ragam bahasa resmi.
9. Mengidentifikasi berbagai kata yang mengalami perubahan/pergeseran makna (homonim/homofon/ homograf, polisemi, sinestesia, peyonasi).
10. Menyusun paragraf padu (kodesi dan koherensi)
Indikator:
1. Melengkapi berbagai jenis paragraf (deskripsi/eksposisi/argumentasi/ persuasi) dengan kalimat yang tepat.
2. Melengkapi teks dialog.
3. Memperbaiki kalimat dalam surat lamaran pekerjaan.
4. Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif.
5. Menulis karya ilmiah (latar belakang/rumusan tujuan penulis/rumusan masalah)
3. Kebahasaan
Kompetensi:
Menerapkan berbagai komponen kebahasaan dalam berbagai bentuk tulisan.
Indikator:
1. Mengidentifikasi jenis-jenis frasa.
2. Mengidentifikasi jenis-jenis klausa.
3. Mengidentifikasi jenis-jenis kalimat.
4. Menentukan pola kalimat.
5. Menggunakan kata berimbuhan.
6. Mengidentifikasi berbagai jenis makna kata (konotasi, luas, umum, khusus, gramatikal).
7. Menggunakan kata baku.
8. Menggunakan ragam bahasa resmi.
9. Mengidentifikasi berbagai kata yang mengalami perubahan/pergeseran makna (homonim/homofon/ homograf, polisemi, sinestesia, peyonasi).
10. Menyusun paragraf padu (kodesi dan koherensi)
0 komentar:
Posting Komentar